RUWANG LINGKUP PEMASARAN

     Semakin berkembangnya kemajuan sistem teknologi informasi dan komunikasi, maka menyebabkan semua bidang kehidupan juga mengalami perkembangan.

1. SEJARAHNYA MOBILE MARKETING
       
     Munculnya pemasaran mobile/mobile marketing di mulai pada awal tahun 2000-an saat short massage service (SMS) menjadi semakin populer. Di eropa dan asia, bisnis pengumpulan nomer untuk mengirimkan peromosi dari peroduk dan layanan mereka menjadikan SMS menjadi alat peromosi yang sah di bagian lain dunia. Sebagai teknologi yang di kembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul, di antaranya:

A.  Multimedia Massage Service
    Dengan MMS, pengiklan dapat mengirim pesan teks, vidio dan slideshow gambar dari peroduk. Hampir semua ponsel dengan layar warna dapat mengirim dan menerima MMS.

B. Game Mobile Marketing
    Kecendrungan dari game mobile sudah mulai lebih canggih. Permainan inih sangat kasuwal dalam memperomosikan produk yang sedang dipromosikan dalam beberapa permainan.

C. Mobile Web Marketing 
   Di sinih, peroduk yang sedang di peromosikan pada halaman web yang di akses melalui perangkat mobile.

D. Pemasaran Via Bluetooth Dan Infrared
    Bluetooth populer hanya pada tahun 2003,infrared di sisi lain adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile. Tidak seperti bluetooth, Infrared terbatas.

E. Mobile Marketing Melalui Kode Quick Response 

    Kode QR seperti barcode tapi bukan hanya sekelompok garis paralel, namun memiliki dua dimensi ketika kode QR di pindai oleh kamera ponsel, penguna ponsel tersebut kemudian diarahkan ke URL target.

Komentar